LANGKAH AWAL MENUJU PEMBELAJARAN INOVATIF: DOSEN DAN MAHASISWA UMB LAKUKAN KOORDINASI PENELITIAN ETNO-STEAM

Selamat datang di website Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu!

Pada Rabu, 16 Juli 2025 – Dosen dan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) melaksanakan kunjungan dan koordinasi awal dalam rangka persiapan kegiatan penelitian berjudul “Desain Didaktis Berbasis ETNO-STEAM untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa.”

Kegiatan ini merupakan tahap awal dari penelitian yang didanai oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi melalui Skema Penelitian Fundamental Reguler tahun 2025. Koordinasi awal ini dilakukan sebagai bentuk pengenalan dan penyampaian maksud kegiatan kepada pihak mitra yang akan dilibatkan, sekaligus membangun kerja sama untuk tahap-tahap selanjutnya.

Dalam kunjungan tersebut, dosen dan mahasiswa melakukan dialog bersama mitra serta mengadakan Forum Group Discussion (FGD) singkat untuk menjelaskan rancangan awal penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mengusung konsep ETNO-STEAM, yaitu menggabungkan unsur budaya lokal dengan pendekatan interdisipliner STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics), sebagai upaya meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui pembelajaran kontekstual.

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini juga menjadi bentuk pembelajaran langsung di lapangan, memperkuat keterampilan akademik, sosial, dan profesional sebagai calon pendidik dan peneliti.

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu terus membuka ruang bagi generasi muda yang ingin tumbuh bersama dalam semangat pendidikan, budaya, dan inovasi.

Mari Bergabunglah bersama Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu! Bersama, kita wujudkan masa depan gemilang melalui pendidikan yang unggul, berkualitas, dan berorientasi pada kemajuan ilmu pengetahuan serta pengembangan karakter. Bersama kami, Anda tidak hanya belajar matematika, tetapi juga membentuk masa depan!